Senin, 30 Maret 2015

Baiklah, kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya menggunakan 2 harddisk saat mensetting owncloud, saya berencana menggunakan harddisk tambahan untuk data storagedi owncloud, saya mencari cara bagaimana caranya untuk menambahkan harddisk tersebut, setelah saya mencari dan
mencoba terus, dan saya juga di bantu oleh teman PKL saya yaiu Alfian siswa dari sekolah Nawakartika, kita berdua mencoba dan mencoba, dan akhirnya, kita menemukan cara yang singkat, yaitu, seperti berikut :

1.Pertama pastikan hardisk kalian sudah terpasang dan sudah di partisi, kemudian selanjutnya, kalian remot dengan ssh lewat terminal server kalian, jika sudah, ketikan #fdisk -l untuk mengetahui dimana hardisk tambahan kita berada.


2.Jika sudah tampil seperti dibawah ini, kalian tinggal melihat dimana partisi anda berada dan berapa partisi atau kapasitas kalian. disini saya menggunakan hardisk ukuran 500 Gb, dan berada di parisi  #/dev/sdb1

 
3. lalu kalian ssh lewat file yang biasanya ada di linux, atau  biasanya namanya itu connect to server, jika sudah masuk ke directory server yaitu di directory #/var/www/owncloud/data/admin



  4.Jika sudah masuk cari folder dengan nama cache dan files ,kemudian hapus folder itu.


5.Setelah menghapus folder tadi, selanjutnya kita mount hardisk tambahan kita supaya bisa digunakan untuk penyimpanan owncloud dengan cara meng-Mount hardisk kita, caranya ketikan #mount /dev/sdb1(nama hardisk tambahan kalian) /var/www/owncloud/data/admin.


6.Setelah itu, buka lagi ssh server yang ada di file linux, atau connect to server,  lalu masuk ke direktory #/var/www/owncloud/data/admin ,kemudian beri hak akses dengan cara klik kanan pada folder file lalu beri file access read and write semua,lalu close


 selesai, salamat anda bisa menggunakan hardisk tambahan kalian untuk penyimpanan owncloud kalian, selama mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Person

Email : fericintasetia@gmail.com BBM : 53ebfe04 Facebook : Feri Xaverius Twitter : @Feri_khamdani

Sample Text

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget